Rabu, 06 Februari 2013

Tips Mencegah BAB Berdarah

Makanan berserat
Makanan berserat membantu BAB lancar

BAB berdarah biasanya merupakan manifestasi dari luka pada usus, wasir atau ambeien, atau bahkan kanker usus. BAB berdarah biasanya ditandai dengan feses yang keluar beserta dengan darah. Jika terdapat luka pada kolon, biasanya feses keluar beserta darah segar dari lubang dubur. Jika feses yang keluar berwarna kehitaman, berarti terdapat luka pada usus halus.
Bagaimana cara mencegah BAB berdarah? Apa saja yang harus dilakukan? Simak tips berikut:

Serat
BAB berdarah umumnya disebabkan oleh feses yang sangat keras sehingga orang sulit mengejan dan membuat luka pada usus. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka Anda harus memperbanyak konsumsi serat dari makanan. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan dapat membuat feses tidak keras, sehingga BAB berdarah dapat diminimalisir.

Air
Minum minimal 8 gelas air putih dapat membantu metabolisme tubuh dengan baik. Metabolisme tubuh yang baik berarti pencernaan juga lancar, sehingga mengurangi resiko luka pada usus dan BAB normal.
Mengurangi Makanan Pedas
Tahukah Anda, makanan pedas dapat membuat luka pada usus? Jadi, hindari makanan pedas berlebihan sehingga Anda tidak mengalami BAB berdarah.

Jalan Kaki
Tidak perlu muluk-muluk berolahraga, cukup dengan berjalan kaki minimal 45 menit sehari dapat membuat posisi usus tetap baik dan terhindar dari ambeien.
Semoga bermanfaat.
(photo: fitho.in)

0 komentar:

Posting Komentar