Jumat, 01 Maret 2013

Tips Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan


Problem wanita yang sering dijumpai adalah keputihan, saat datangnya keputihan para wanita bingung untuk mengatasinya. bagaimana cara mangatasi dan mencegah agar tidak mengalami keputihan? berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

 

Jaga kebersihan
Menjaga kebersihan organ intim harus Anda lakukan. Basuh organ kewanitaan Anda dengan air bersih setiap kali mandi dan setelah buang air. Agar tidak lembab, tepuk-tepuk dengan handuk bersih yang kering atau tisu.

Gunakan pembersih yang tepat
Sebenarnya, Anda tidak memerlukan pembersih daerah intim berupa sabun, apalagi jika mengandung parfum. Air bersih sudah cukup. Tetapi jika Anda masih ingin memakai sabun pembersih, gunakan sabun khusus organ intim wanita dengan bahan dasar susu untuk menjaga pH (derajat keasaman). Sabun biasa bisa membunuh bakteri baik. Sabun dengan parfum bisa menyebabkan iritasi.
Bersihkan dari depan ke belakang.Dengan jarak yang dekat antara organ intim dan anus, Anda harus menjaga agar organ intim tetap bersih. Setelah buang air besar, usahakan membersihkan dari depan ke belakang. Hal tersebut akan memperkecil risiko kotoran berpindah ke organ intim.

Celana dalam nyaman
Kami tahu, banyak celana dalam lucu, berenda, dan sebagainya dengan berbagai jenis bahan. Pastikan celana dalam Anda nyaman saat dipakai, dapat menyerap keringat, berpori-pori baik sehingga daerah intim tidak lembab. Bahan katun lebih disarankan.

Bawa cadangan celana dalam
Kita tinggal di negara tropis yang panas dan lembab, mudah berkeringat. Sebaiknya Anda mengganti celana dalam yang sudah lembab atau terasa tak nyaman. Celana yang lembab mempermudah tumbuhnya jamur dan bakteri. Bawa satu atau dua celana dalam cadangan yang nyaman kemanapun Anda pergi. Letakkan dalam tas kecil tertutup yang akan memudahkan Anda memakainya.
Cuci bersih celana dalam.Pastikan celana dalam Anda memakai deterjen yang lembut dan bersih hingga bilasan terakhir. Sisa sabun di celana dalam bisa menyebabkan

Iritasi
Ingat, kulit organ intim Anda sangat sensitif. Tidak perlu mencuci celana dalam dengan cairan pemutih atau cairan pelicin pakaian.
Sering ganti pembalut.Saat Anda dalam masa menstruasi, ganti pembalut sesering mungkin, jangan menunggu terasa penuh. Maksimal 3 jam sekali, bahkan di saat cairan menstruasi Anda tidak banyak.

Hindari stress
Stres adalah salah satu penyebab keputihan. Karena itu, jaga pikiran Anda agar tetap tenang. Jika Anda butuh liburan, pergilah berlibur. Berbincang dengan sahabat atau bercanda bisa menurunkan kadar stres. Pikiran sehat, organ intim Anda juga sehat.

Makanan sehat
Cara untuk menjaga kesehatan organ intim adalah mengonsumsi makanan sehat. Buah-buahan segar dan sayuran warna-warni akan memberi perlindungan dari dalam.


Sumber : www.elangajib.com

0 komentar:

Posting Komentar