Sabtu, 13 April 2013

Waspada, Dehidrasi Sebabkan Kerusakan Otak



Kekurangan cairan atau dehidrasi tidak boleh Anda anggap sepele. Disadari atau tidak, dehidrasi dapat menyebabkan gangguan tubuh seperti lemas hingga kerusakan otak. Kita semua tahu sebagian besar tubuh terdiri dari air. Tidak ada satu pun organ dalam tubuh yang tidak mengandung air, bahkan tulang pun memiliki kandungan air. Untuk menjaga agar kadar air tetap seimbang dalam tubuh, kita memerlukan sekira delapan gelas air setiap hari.

Ini akan membantu organ tubuh kita tetap berfungsi dengan baik. "Tubuh kita terdiri dari air yang cukup banyak. Jika kita mengalami kekurangan air, maka tubuh sedikit demi sedikit akan mengalami kerusakan," ungkap Dr. dr Luciana B Susanto, MS, SpGK, ahli gizi, dalam sebuah acara di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (28/2/2013).

Dr. Luci juga memberikan gambaran tentang gejala dehidrasi pada tubuh. Dimulai dengan rasa haus, mulut kering, tubuh lemas, kencing pekat, dan sedikit keringat. Jika dibiarkan, bisa muncul rasa berdebar yang menyebabkan menurunnya tekanan darah sehingga memicu pusing. Kondisi yang paling parah dari dehidrasi adalah adanya kerusakan pada ginjal, bahkan otak.

"Inilah mengapa penting untuk mengonsumsi cukup air. Jangan tunggu hingga rasa haus datang. Biasakan selalu konsumsi air delapan gelas setiap hari," kata dr. Luci.

0 komentar:

Posting Komentar