Minggu, 10 Maret 2013

Suplemen Vitamin E Bisa Rusak Pencernaan


Lazimnya, orang mengonsumsi suplemenvitamin E untuk menjaga kecantikan kulit. Tapi, apa artinya cantik jika berbahaya bagi kesehatan?

Seperti dikutip VIVAnews dari YouBeauty, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh American Collage of Gastroenterology mengklaim bahwa konsumsi vitamin E dapatberisiko pada kesehatan manusia. Pasalnya, banyak merek suplemen vitamin E yang mengandung gluten, campuran protein dankarbohidrat.

Gluten disinyalir berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit celiac pencernaan. Penyakit mengganggu fungsi pencernaan yang biasanya disebabkan oleh rusaknya usus kecil sehingga mengganggu penyerapan gizi. Biasanya, penyakit ini sangat berhubungan dengan konsumsi gandum yang dikenal kaya akan gluten.

Selain vitamin E, gluten juga ditemukan pada produk-produk kosmetik lainnya. Biasanya, gluten digunakan untuk mengikat bahan-bahan lain dalam kosmetik.

Sayangnya, tidak ada satu pun perusahaan kosmetik termasuk produk vitamin E yang mencantumkan komposisi yang terkandung di dalamnya. Alhasil, pasien celiac tidak sadar telah menggunakan gluten pada kosmetik yang digunakannya setiap hari sehingga dapat memperburuk kondisi pencernaannya.

Dr. Marie Borum, salah satu peneliti, menjelaskan bahwa penelitian ini bermula dari keluhan pasiennya. Seorang wanita berusia 28 tahun penderita celiac, menggunakan body lotion yang tidak mencantumkan gluten di dalamnya sehingga muncul ruam-ruam pada kulit dan masalah pencernaan. Gejala tersebut berhenti ketika ia menghentikan penggunaan produk tersebut.

Bagi penderita celiac, satu-satunya cara mengatasi penyakit tersebut adalah dengan tidak menggunakan produk yang mengandung gluten. Karenanya, selalu jadi konsumen yang pintar dengan selalu memastikan komposisi yang terkandung di dalam kosmetik yang Anda gunakan. Jika, muncul alergi atau permasalahan kesehatan lainnya setelah menggunakan produk tersebut, segera hentikan pemakaian. Cantik itu seharusnya tidak menyakitkan.

 sumber : sangpemburuberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar