Jumat, 15 Februari 2013

Ketahui Apakah Anda Menderita Katarak



Penyakit katarak merupakan gangguan serius pada mata yang menghalangi pandangan dan pada akhirnya menyebabkan kebutaan. Meskipun operasi katarak sekarang dapat dilakukan dengan mudah, tetapi perlu untuk mendeteksi ada atau tidaknya katarak pada mata.
 Ketahui Apakah Anda Menderita Katarak
Selain diperburuk oleh diabetes, katarak biasanya terjadi akibat penuaan lensa mata. Dikutip dari boldsky, berikut langkah faktor dan cara mendeteksi katarak :

Periksa Ke Dokter
Ketika check-up mata, biasanya dilakukan pengujian penglihatan mata dengan melalui instrumen yang memiliki lubang kecil. Jika mata bisa fokus pada lubang kecil tersebut, berarti mata Anda baik-baik saja, tetapi jika tidak sepertinya ada indikasi katarak. Usahakan untuk check-up teratur untuk memastikan mata dalam keadaan terbaik.

Penglihatan Kabur
Ketika penglihatan kabur, mungkin minus/plus kacamata Anda perlu ditingkatkan. Sebab lainnya, bisa jadi adanya pembentukan katarak di mata Anda.

Diabetes
Jika Anda terkena diabetes, maka diharuskan memeriksa katarak setiap 3 bulan, karena tingginya gula darah mempengaruhi cepatnya pembentukan katarak. Check-up ke Dokter Anda secara teratur adalah solusi terbaik.

Faktor Usia
Katarak salah satu masalah umum mata di umur 60 tahun, risiko dengan umur ini tinggi untuk katarak. Usia berpengaruh pada kesehatan, salah satunya mata dengan penyakit katarak.

Faktor Keturunan
Jika kelurga Anda pernah mengalami katarak seperti dari ayah, ibu, Anda harus 2 kali lipat lebih berhati-hati. Informasikan ke Dokter Anda tentang riwayat kesehatan mata keluarga Anda untuk lebih aman.

Sumber : tipspengetahuan.com

0 komentar:

Posting Komentar