Kamis, 26 April 2012

Soal Dan Jawaban Tugas Sistem Operasi

19.11 By


1.       Pahami beberapa istilah berikut   
a.       Batch System
Jawab :     Batch system merupakan suatu cara untuk menghindari waktu nganggur CPU yang cukup lama, maka dikembangkan suatu teknik pengurutan kerja job secara otomatis. Teknik ini mampu mentransfer kontrol secara otomatis dari suatu job ke-job brikutnya.

b.      Multiprogramming
Jawab :     Multiprogramming yaitu program sistem operasi yang bekerja dalam sebuah CPU dimana sistem operasinya mempunyai kemampuan untuk mengakses beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu yang (hampir) bersamaan.

c.       Time Sharing
Jawab : Time sharing yaitu sistem komputasi interaktif, dimana sistem komputer menyediakan komunikasi online antara user dengan sistem.

d.      Parallel (Multiprosesor)
Jawab :  Paralel (multiprocessor) yaitu sistem yang mempunyai lebih dari satu processor yang dapat berkomunikasi, membagi bus, clock dan juga perangkat memori dan peripheral.

e.       Terdistribusi
Jawab :  Terdistribusi yaitu sistem komputer yang mendistribusikan komputasi diantara beberapa processor, processor berkomunikasi dengan processor lain melalui saluran komunikasi, misalnya bus kecepatan tinggi atau saluran telepon.

f.        Cluster
Jawab :   Cluster yaitu sistem komputer yang memungkinkan dua atau lebih sistem untuk membagi penyimpan sekunder (storage) bersama-sama.

g.      Real time
Jawab :     Real time yaitu sistem yang digunakan jika sistem operasi memerlukan ketepatan waktu dari processor atau aliran.

h.      Handhel
Jawab :  Handhleld yaitu sistem yang lebih kecil dari mikrokomputer yang mempunyai memorI yang terbatas, kecepatan rendah dan display screen yang kecil.

2.       Apa perbedaan system singleprogramming dan multiprogramming?
Jawab :   Pada single programming, satu processor mengerjakan satu program yang ada di memori   utama, sedangkan pada multiprogramming satu processor dapat mengerjakan banyak program yang ada di memori utama.

3.      Apa perbedaan antara symmetric dan asymmetric multiprocessing?
Jawab :  Pada symmetric multiprocessing tiap processor mempunyai sistem operasi yang sama dan dapat melakukan komunikasi antar processor, sedangkan asymmetric multiprocessing satu processor berfungsi sebagai master processor yang bertugas mengatur penjadwalan dan mengalokasikan kerja tiap processor dan processor lain berfungsi sebagai slave.

4.      Apa aperbedaan antara system parallel dengan system terdistribusi?
Jawab :   Jika pada sistem paralel tiap processor dapat menggunakan memori atau clock bersama-sama, sedangkan pada sistem terdistribusi kumpulan processor tidak dapat digunakan secara bersamaan.


5.      Pebedaan system terdistribusi dan system tercluster.
Jawab :  Sistem terdistribusi adalah mendistribusikan komputasi di antara beberapa processor. Processor berkomunikasi dengan processor lain melalui saluran komunikasi, misalnya bus kecepatan tinggi atau saluran telepon. Sedangkan sistem terklaster adalah pengembangan dari sistem terdistribusi. Perbedaan sistem terklaster dengan sistem terdistribusi adalah pada sistem terklaster memungkinkan dua atau lebih sistem untuk membagi penyimpan sekunder (storage) bersama-sama. Sistem terklaster mempunyai kehandalan sistem yang tinggi seperti pada sistem terdistribusi.

6.      Apa yang dimaksud symmetric dan asymmetric clustering?
Jawab :  Symmetric clustering dimana semua host menjalankan aplikasi, sedangkan asymmetric clustering dimana satu server menjalankan aplikasi sementara server lainnya standby.

7.       Sebutkan keuntungan menggunakan system terdistribusi!
Jawab :  
Ø  Resource sharing
Jika sejumlah site yang berbeda dihubungkan, maka user pada site satu dapat menggunakan sumber daya dari site lainnya. Sebagai contoh, user pada site A dapat menggunakan printer laser dari site B. Sebaliknya user B dapat mengakses file user A.
Ø  Meningkatkan kecepatan komputasi
Jika komputasi tertentu dapat dipartisi dalam sejumlah sub komputasi yang dapat berjalan secara konkuren, maka sistem terdistribusi dapat mendistribusikan komputasi pada beberapa site untuk menjalankan komputasi secara konkuren.
Ø  Lebih handal
Jika satu site gagal pada sistem terdistribusi, sisa site dapat melanjutkan operasinya. Jika sistem dibagi sejumlah instalasi besar, maka kegagalan salah satunya tidak berakibat pada sisa sistem. Sebaliknya, jika sistem dibagi dalam sejumlah mesin kecil, masing-masing bertanggungjawab pada fungsi sistem yang penting (misalnya: terminal karakter I/O atau sistem file), maka satu kegagalan dapat menghentikan operasi dari keseluruhan sistem. Secara umum, jika terjadi redudansi pada sistem (baik perangkat keras maupun perangkat lunak), sistem dapat menjalankan operasinya meskipun beberapa site gagal.
Ø  Komunikas
Terdapat beberapa anggota program yang memerlukan mengganti data dengan data lain pada satu sistem. Sistem Windows contohnya, sering terjadi membagi data atau transfer data antara display. Jika beberapa site dihubungkan dengan lainnya dengan jaringan komunikasi, processor pada site yang berbeda dapat menukar informasi. User melakukan transfer file atau komunikasi dengan user lain melalui electronic mail. Seorang user dapat mengirim mail ke user lain pada site yang sama atau site yang berbeda.

1 komentar:

  1. Blog Yang Bagus... :-)

    Sekilas Info CARA MENDAPATKAN UANG JUTA'AN RUPIAH DARI BLOG Anda.

    Cara Mendapatkan Uang Dari Blog.
    Manfaatkan blog anda untuk menghasilkan uang sampingan hingga juta'an rupiah/bulan.
    Bagi yang berminat silakan Mendaftar melalui Link WebBlog kami dibawah iklan ini.
    Masukkan Nama Lengkap & Alamat Email Anda, info cara kerja lengkap kami kirim melalui email.

    Kunjungi Blog kami di http://newkerjaonline2012.blogspot.com/

    BalasHapus