Sabtu, 15 Desember 2012

6 Bahaya Minum Berenergi


Kebanyakan orang yang lelah setelah bekerja meminum minuman energy untuk mengembalikan staminanya. Tetapi mereka tidak pernah menghiaraukan efek samping dari minuman ber energy tersebut. Kali ini, Fantasianara akan membahas efek samping dari minuman ber energi.

1. Masalah jantung
Kandungan kafein dan komposisi tidak sehat lainnya pada minuman energi adalah pemicu tekanan darah dan mempercepat detak jantung seseorang. Minuman energi juga merusak keseimbangan garam dalam tubuh sehingga dikaitkan dengan kondisi arrhythmia atau detak jantung yang tidak teratur.

2. Gangguan liver atau ginjal
Kasus yang paling sering untuk peminum minuman ber energy adalah gangguan liver. Karena semua makanan yang masuk tubuh itu diolah di liver sebagai dapurnya tubuh. Selain itu, kalau dikonsumsi banyak dan dalam waktu panjang juga akan membebani kerja ginjal.

3. Risiko keguguran
Dampak lain dari kafein dalam minuman energi juga tidak bagi bagi wanita, terutama mereka yang sedang hamil. Pasalnya sebuah penelitian menyebutkan kalau konsumsi sebanyak 200 miligram atau lebih kafein dalam sehari mampu meningkatkan risiko keguguran. Meskipun ada penelitian lain yang membantah pernyataan tersebut, pihak American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan wanita hamil sebaiknya membatasi konsumsi kafein sebanyak 200 miligram saja dalam sehari.

4. Ketergantungan
Beberapa orang dengan cerobohnya gemar mencampur minuman berenergi dengan alkohol untuk diminum. Padahal kebiasaan tersebut memicu ketergantungan terhadap alkohol lebih parah daripada biasanya.

5. Risiko kecanduan obat-obatan
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mahasiswa tahun kedua yang suka menikmati minuman energi membuat mereka lebih banyak mengonsumsi obat-obatan tanpa resep pada tahun ketiga. Hal ini disebabkan oleh anggapan oleh anak muda kalau minuman energi dan obat-obatan tanpa resep yang sebenarnya terlarang itu dianggap aman. Padahal kenyataannya tidak sama sekali.

6. Membuat bodoh
Terakhir, masalah kesehatan yang ditimbulkan minuman energi adalah membuat peminumnya menjadi bodoh. Bagaimana bisa? Rupanya konsumsi kafein berlebihan membuat seseorang mengalami kerusakan kognitif otak dan berisiko besar untuk gagal saat menjalani ujian.

Sayangnya, beberapa minuman energi tidak mencantumkan berapa banyak kafein yang ada di dalamnya. Maka dari itu sebaiknya kawan lebih baik mengurangi kebiasaan menikmati minuman energi sebelum mengalami beberapa masalah kesehatan yang sudah disebutkan di atas.
kalau badan sudah lelah dan mata mengantuk, sebaiknya tidak diberi doping tambahan dengan minuman berenergi. Pasalnya, jika tubuh dipaksa dengan rangsangan minuman secamam itu bisa merusak diri sendiri. Lebih baik beristirahat dan perbanyak minum air putih.

4 komentar:

  1. waaah ngeri kalau mendengar efek2nyaa

    makasi infonya yaaaa

    BalasHapus
  2. iya gan,, dah banyak khasus korban minuman ber energi..
    om ane yang yang jadi perawat di poli Haemodialisa (Cuci Darah) tu banyak yang pasienya masih dalam usia produktif dan itu disebabkan karna sering minum2an berenergi..

    BalasHapus
  3. Wadduuuh, terus pakai apaa yang aman non???

    paling tidak sebagai suplemen laah
    kadang kan kita butuh itu

    :)



    Lookback myblog ya

    BalasHapus
  4. suplemen terbaik kalau sedang lelah ya pasti istirahat :D
    lebih baik kita minum air putih saja dari pada minum minuman berenergi. kalau kita mau beraktifitas yang keras dan butuh energi mending kita jaga asupan gizi kita kawan, itu dengan cara makan2 an yang bergizi dan makan buah yang banyak mengandung vitamin C..
    tapi kawan harus berhati2 juga dengan suplemen vitamin C yg berbentuk pil, karna kalau Vitamin C yg masuk kedalam tubuh terlalu bnyak juga gk bagus :D

    BalasHapus