Rabu, 02 Mei 2012

MAKALAH PENERAPAN ILMU ERGONOMI PADA PENGGUAAN LAPTOP

03.05 By

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Blakang
Di zaman digital ini perkembangan komputer sangatlah pesat, ini semua di buktikan dengan pemanfaatan komputer oleh semua lapisan masyarakat, dari anak sampai orang dewasa menggunakan komputer. Komputer memang mempunyai banyak kegunaan, manfaat dan fungsi, seperti :
1.      Komputer sebagai sarana mempermudah kerja
2.      Kompter sebagai sarana Komunikasi
3.      Komputer sebagai alat Hiburan
4.      Komputer sebagai alat Pendidikan
5.      Komputer sebagai sarana Informasi
6.      Komputer sebagai sarana Usaha
7.      Komputer sebagai sarana Kontrol

Semakin berkembangnya teknologi komputer dan semakin tinggi kebutuhan manusia akan komputer, komputer pun menjadi bagian dari gaya hidup oleh masyarakat zaman sekarang. Dengan terus berkembangnya pola pikir dan peradaban manusia, muncul konsep atau ide bahwa komputer tidak hanya digunakan sebatas di atas meja saja, tetapi harus dapat digunakan untuk berpindah-pindah tempat (mobile). Dan dari situlah perkembangan laptop yang kini menjadi alat untuk membantu kegiatan dan pekerjaan manusia.
B.       Rumusan Masalah
Semakin berkembangnya laptop dan semakin banyaknya pengguna laptop seperti apa yang di tulias di Latar Blakang, penulis mengembangkan permasalahan pokok yang dibahas dalam makalah ini, yaitu:
1.      Resiko pengunaan laptop bagi kesehatan
2.      Penerapan ilmu Ergonomi dalam penggunaan dan laptop


C.       Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
1.      Mengerti tentang Ergonomi
2.      Mengetahui akibat penggunaan laptop tidak sesuai dengan ilmu ergonomi
3.      Penerapan ilmu Ergonomi dalam penggunaan laptop


BAB II
PEMBAHASAN

A.      Kajian Teori
Istilah “ergonomi” berasal dari bahasa latin yaitu ERGON (KERJA) dan NOMOS (HUKUM ALAM) dan dapat didefinisikan sebagai studi tentang aspek-aspek manusia dalam lingkungan yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen dan desain atau perancangan (Nurmianto, 2008). Menurut Sutalaksana (1979), egonomi adalah suatu cabang ilmu yang sistematis untuk memanfaatkan informasi-informasi mengenai sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia untuk merancang suatu sistem kerja sehingga orang dapat hidup dan bekerja pada sistem itu dengan baik, yaitu mencapai tujuan yang diinginkan melalui pekerjaan itu dengan efektif, aman, dan nyaman.
Sesuai difinisi di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Ergonomi memang penting dalam kita bekerja. Di era digital seperti sekarang ini Ergonomi sangatlah penting, karna di dalam Ergonomi kita bisa meminimalisir kecelakaan kerja.
Laptop memang memiliki banyak manfaat dalam membantu kehidupan manusia namun ternyata laptop tidak hanya bisa membantu kegiatan manusia, tetapi juga memiliki dampaburuk untuk manusia itu sendiri. Adapun dampak positif dan negative Laptop :
Ø  Dampak Positif Penggunaan Laptop Secara Psikologis, sebagai berikut:
1.      Mempermudah manusia untuk mengerjakan tugas-tugas, bisa menulis secara mudah, dan cepat.
2.       Koneksi ke internet dapat dengan mudah di akses dengan gadget laptop ini. Sehingga dapat mencari pengetahuan-pengetahuan yang baru melalui internet.
3.      Mempermudah untuk berbisnis.
4.      Bisa mengikuti perkembangan zaman, di era globalisasi ini, sehigga kita tidak menjadi gaptek ( gagap teknologi ).
Ø  Dampak Negatif  Penggunaan Laptop Secara Psikologis, sebagai berikut:
1.      Kerusakan fisik apabila menggunakan mouse atau keypad secara berjam-jam setiap hari dapat mengalami cidera tekanan yang berulang-ulang.
2.      Seseorang yang menghabiskan waktu di depan computer atau laptop akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas.
3.      Dapat mengganggu kesehatan tubuh yaitu kerusakan punggung, merupakan hal umum yang terjadi pada organ-organ yang menghabiskan banyak waktu di depan laptop.
4.       Menggunakan laptop hingga larut malam. Menyebabkan kekurangan waktu tidur dalam waktu lama, dapat menyebabkan kantuk berkepanjangan, sehingga sulit berkonsentrasi dan depresi dari system kekebalan.
5.      Laptop di hubungkan ke internet,sebagian besar menyalahgunakannya, seperti bermaim game online, sehingga menyebabkan lupa waktu, yang mengakibatkan menjadi malas belajar, malas beraktivitas, sampai-sampai tekadang lupa makan, mandi, shalat, dll.
  
B.       Dampak Negatif Dari Penggunaan Laptop Tanpa Penerapan Ilmu Ergonomi
Dari kajian teori di atas kita dapat simpulkan bahwa penggunaan Laptop tanpa di terapkannya ilmu Ergonomi memang membahayakan. Pegguna laptop pada zaman sekarang tidak hanya di gunakan oleh orang dewasa saja, sekarang anak dibawah umur pun sering menggunaan laptop, bahkan mereka menghabiskan berjam-jam di depan leptop untuk bermain game. Dengan kasus seperti itu memang sangat membahayakan apalagi di lakukans sejak masih kanak-kanak dan di lakukan dengan waktu yang lama. Banyak resiko kesehatan yang ditanggung kita saat menggunakan laptop.  Banyak sekali dampak buruk penggunaan laptop bagi kesehatan, antara lain :
1.      Ganguan mata
Jika Anda termasuk pekerja yang menggunakan komputer lebih dari dua jam sehari, hati-hati dengan computer vision syndrome (CVS). Sindroma ini adalah keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama. Akibatnya, produktivitas anda dalam bekerja bisa menurun. Gejala seseorang terkena CVS adalah iritasi yaitu mata merah, perih, berair atau terasa kering. Selain itu, mata terasa lelah, kelopak mata atau dahi terasa berat. Penyebabnya adalah frekuensi berkedip yang menurun akibat menggunakan komputer dalam waktu lama. Serta, posisi komputer serta pengaturan cahaya yang salah.
2.      Radiasi panas yang di keluarkan oleh laptop
Latop dibuat memang untuk memudahkan kita dalam penggunaannya, dimanapun kapanpun kita bisa menggunakan fasilitas pada laptop. Tapi itu semua bukan tanpa resiko, apabila kita menggunakan laptop dengan cara di pangku itu dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Berikut beberapa dampak apabila kita sering memangku laptop.
·         Toasted skin syndrome
Menurut hasil penelitian yang telah dilaporkan pada sebuah jurnal kesehatan terbitan Inggris beberapa waktu lalu, ternyata keseringan memangku laptop dapat menyebabkan toasted skin syndrome . Kerusakan bekas atau tanda di area sekitar paha yang banyak digunakan sebagai tumpuan. Hal ini terjadi akibat paparan panas dalam jangka waktu lama.
·         Menyebabkan Kanker Kulit
Seperti yang dilansir oleh jurnal Pediatrics, toasted skin syndrome bisa memicu timbulnya kanker kulit pada beberapa kasus tertentu. Bila luka bakar ringan tersebut dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan iritasi kronis. Oleh karena itu jangan pernah menganggap remeh luka sebesar apapun. Semua iritasi kronis dapat memicu perubahan sel pada tempat luka bakar tersebut timbul. Perubahan sl ini bisa saja mengarah pada pembentukan kanker kulit. Karena kanker sendiri merupakan sel-sel yang bermutasi. Faktor munculnya mutasi tersebut antara lainoleh iritasi atau eksposure bahan dari luar semisal panas terik matahari, bahan kimia, obat-obatan yang terus-menerus. Muncul tidaknya kanker semua berpulang pada faktor pemicunya. Nah, iritasi kronik atau paparan panas yang sering terjadi berulang dapat memicu terjadinya kanker kulit dalam hal ini.
3.      Nyeri pada badan karna berjam-jam duduk di depan laptop
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Boston, terungkap sekitar 50 persen mahasiswa pengguna laptop kerap mengeluhkan rasa nyeri setelah menggunakan komputer selama satu jam. Penelitian dilakukan terhadap 18 juta mahasiswa pada tahun 2008.
"Gangguan pada sistem muskuloskeletal yang terjadi pada masa anak-anak sampai dewasa muda perlu menjadi perhatian karena sistem muskuloskeletal dan postur mereka masih berkembang," kata Karen Jacobs, ketua tim peneliti dan terapis dari Universitas Boston.
Ia menjelaskan, keluhan rasa nyeri akibat penggunaan laptop kini sering dialami anak-anak di banyak negara. Selain orangtua memonitor durasi penggunaan laptop, Jacobs juga menyarankan agar anak-anak diajarkan untuk melakukan peregangan dan latihan otot untuk mencegah gangguan postur pada masa mendatang.
Laporan yang dilansir oleh The Bureau of Labor Statistics tahun 2009 menemukan kelainan muskuloskeletal (otot, tulang, ligamen, dan tendon) mencapai 29 persen dari semua kecelakaan di tempat kerja dan menyebabkan para pekerja harus mengambil cuti sakit.
Menurut Jacobs, salah satu penyebab gangguan otot atau persendian pada anak pengguna laptop adalah meja kerja yang dipakai tidak sesuai. Untuk mengurangi rasa pegal, ia menyarankan agar pengguna laptop memakai mouse ketimbang trackpad di laptop.

C.       Penggunaan Leptop Sesuai Ilmu Ergonomi
1.      Pencahayaan
Pencahayaan  merupakan aspek yang sangat penting dalam penggunaan laptop. Cahaya ruangan sangat mendukung dan meningkatkan produktivitas kerja.
         Tujuan perancangan pencahayaan:
        Menghindarkan user dari cahaya terang langsung atau pantulannya
        Memperoleh keseimbangan antara kecerahan (brightness) layar tampilan dan kecerahan yang ada di depan user
        Menghindari cahaya langsung atau pantulan yang langsung mengenai layar tampilan
        Memberikan keyakinan bahwa ada pencahayaan yang cukup untuk pekerjaan yang tidak menggunakan layar tampilan
Cahaya yang baik adalah yang tidak terlalu terang atau terlalu redup. Cahaya yang terang akan membuat silau, sedang cahaya redup bisa merusak mata. Atur agar cahaya membuat adanya bayangan pada monitor, sebab akan mengurangi tingkat kontras. Apalagi bila latar monitor berwarna gelap. Selain lampu, hindari silau sinar matahari yang masuk melalui jendela. Atur cahaya ruangan dengan memerhatikan letak meja komputer, sehingga sinar terang yang datang dari atas kepala atau jendela tidak berada di sekitar meja kerja.

2.      Cara duduk
a.       Cara menggunakan laptop di meja
Tidak berbeda dengan komputer PC posisi duduk saat menggunakan laptop juga sangat penting. Berikut beberapa poin yang perlu di perhatikan saat menggunakan laptop di meja.
1.      Posisi duduk Yang Baik
Ø  Posisi paha Anda sebaiknya horizontal, sejajar dengan lantai tempat Anda bekerja
Ø  Telapak kaki menapak ke lantai.
Ø  Bantalan dari kursi dapat menopang punggung Anda yang bawah, sehingga punggung dapat tetap tegak
Ø  Jangan menggunakan posisi duduk yang sama jika bekerja cukup lama, rubahlah posisi duduk Anda sesekali
Ø  Jangan membungkuk, rileks dan nikmati duduk yang santai
Ø  Kepala tidak terlalu condong ke depan, tegak saja.
2.      Posisi Laptop Yang Pas
Ø  Tidak ada penghalang Anda dengan monitor yang menyebabkan monitor tidak dapat dilihat dengan baik karena kotoran atau debu yang menempel
Ø  Atur kecerahan dan ketajaman gambar monitor yang pas untuk mata
Ø  Atur posisi monitor jangan sampai memantulkan cahaya yang menyilaukan
Ø  Atur posisi atas layar monitor sejajar atau sedikit di bawah tatapan mata
Ø  Jarak antara mata ke monitor adalah berkisar antara 0,5 sampai 0,6 meter
3.      Posisi Meja Laptop yang nyaman
Ø  Taruhlah keyboard Anda dengan posisi yang membuat lengan menjadi rileks dan nyaman
Ø  Usahakan posisi siku dengan meja membentuk sudut 90 derajat
Ø  Pergelangan tangan Anda berada pada posisi netral, lurus serta nyaman
Ø  Saat mengetik usahakan pergelangan tangan Anda ada pada posisi yang tetap, namun bisa menjangkau tombol keyboard dengan jari
Ø  Tempatkan mouse dekat dengan keyboard, sehingga  Anda tidak kesulitan menggerakan tangan terlalu jauh untuk menggunakannya

b.      Cara menggunakan laptop dengan di pangku.
Laptop yang merupakan komputer jinjing memungkinkan kita untuk  menggunaan laptop dimanapun dan kapan pun. Jadi kita bisa manggunakan laptop walau tanpa adanya meja atau dengan cara kita memangku laptop itu. Tapi dengan cara memangku laptop tidaklah cara yang aman untuk menggunakan komputer karena bagian bawah laptop atau bagian yang secara langsung bersentuhan dengan kulit kita.
Tapi penggunaan laptop tanpa meja ini bisa di minimalisir dampak radiasi panas dari leptop itu. Dengan cara penggunaan coolpad, buku, tas, bantal dan lain-lain untuk menghindari kontak langsung laptop dengan kulit kita.

3.      Durasi waktu yang ideal dalam menggunakan laptop
Ø  Bayi/batita. Jika menggunakan komputer dengan bayi/batita Anda, Anda memakai waktu di depan komputer lebih sedikit. Sepuluh atau lima belas menit adalah waktu yang idel untuk balita dan Anda ketika bersamanya.
Ø  Balita / Pra-sekolah: Anak-anak di usia ini membutuhkan banyak berbagai jenis kegiatan untuk tumbuh dan belajar. Tiga puluh menit di depan komputer adalah waktu yang ideal untuk usia ini. Jangan tinggalkan mereka sendirian karena anak Anda membutuhkan pendamping seperti Anda.
Ø  Sekolah Dasar: Berikan waktu tiga puluh sampai empat puluh menit untuk bebas bermain dengan kompuernya dan dengan waktu tambahan yang dialokasikan untuk tugas sekolah, jika perlu.
Ø  Sekolah menengah ke bawah: Tidak lebih dari satu jam selama seminggu, dengan kemungkinan untuk beberapa waktu tambahan pada akhir pekan. Tambahan waktu diperbolehkan untuk tugas sekolah, menjalankan bisnis atau proyek yang menyangkut tugas-tgas akademis, jika perlu.
Ø  Sekolah menengah atas: Dua jam per hari, di mana beberapa hari mungkin lebih dan beberapa kurang. Tambahan waktu diberikan untuk pekerjaan rumah dan kegiatan konstruktif (seperti membangun sebuah bisnis online).
4.      Peregangan otot dan refreshing
a.       Peregangan setelah tiga puluh sampai satu jam saat menggunakan laptop
·         Mekarkan jari-jari dan tahan selama 10 detik hingga Anda merasakan peregangan. Lalu tekuk jari ke buku jari, tapi jangan mengepalkan tangan lalu lepaskan
·         Rentangkan siku ke atas kepala, lengan bawah berjuntai di belakang kepala Anda. Raih siku dengan tangan sebelah lain, tarik ke bawah menuju tengkuk. Ulangi dengan sisi lain
·         Genggam tangan di belakang kepala. Duduk tegak, regangkan siku ke belakang dan tahan untuk peregangan
·         Duduk tegak di kursi, genggam tangan Anda di belakang sandaran kursi lalu regangkan lengan Anda sebisa mungkin kemudian angkat tangan menuju langit-langit
·         Tundukkan kepala ke arah telinga lalu perlahan tarik kepala ke pundak dan tahan beberapa saat. Ulangi untuk sisi yang lain.
·         Gerakkan bahu Anda ke depan, belakang, turun dan naik. Buat lingkaran sebesar mungkin dan ulangi dengan arah yang berbeda
b.      Refreshing setelah tiga puluh sampai satu jam saat menggunakan laptop
Refresing saat bekerja di depan komputer atau laptop sangat penting karna dapat mengurangi kejenuhan dalam bekerja dan mengistirahatkan mata. Refreshing dapat di lakukan dengan melihat di luar jendela dan melihat pohon-pohon yang hijau, karna pohon yang hijau dapat menyegarkan kembali mata. Selain itu refresing juga mempunyai fungsi untuk meminimalisir mata menjadi rabun jauh atau miyopi karna keseringan di depan leptop yang hanya berjarak kurang lebih 40 sampai 50 cm saja.

 
BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Di jaman modern saat ini laptop memang sangat penting. Tapi dalam penggunaannya kita sering mengabaikan kesehatan dan keselamayan kita dalam menggunakannya. masalah kesehatan berkomputer saat ini masih kurang atau belum mendapat perhatian dari para pengguna komputer. Kita masih terlalu asyik pada tahapan bagaimana memiliki perangkat komputer, bagaimana memanfaatkan komputer, apa teknologi tercanggih yang harus dimiliki, dll. Apabila kesadaran ini tidak segera digugah dan dimunculkan, maka di kurun waktu 3 – 5 tahun kedepan dampaknya pasti akan dirasakan oleh para pengguna komputer termasuk kita. Dan yang perlu kita beri perhatian khusus adalah anak-anak dan para remaja yang saat ini semakin akrab dengan komputer. Kesadaran berkomputer secara sehat akan menghindarkan mereka dari keharusan menggunakan kacamata secara dini, kelainan pada postur tubuh, cidera berkepanjangan,dll. Oleh karena itu ergonomi di butuhkan dalam pemakaian komputer maupun laptop untuk mencegah gangguan kesehatan yang akan muncul akibat penggunaan komputer maupun laptop.

B.       SARAN
            Dari pembahasan di atas penulis menyarankan agar kita juga memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan dalam menggunakan laptop ,sehingga gangguan kesehatan yang timbul akibat penggunaan laptop dapat di cegah. Kita harus bisa bijak dalam penggunaan laptop dan bisa menerapkan ilmu ergonomi saat menggunakan laptop.


DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar