Sabtu, 21 April 2012

Makalah Database Management System (DBMS)

15.29 By


BAB I
PENDAHULUAN

1.       Latar belakang
Basisdata adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).
Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kwitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.
Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.
Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS).

2.      Rumusan Masalah
Dari uraian diatas penulis mengembangkan permasalahan pokok yang dibahas dalam makalah ini, yaitu:
1.      Apa yang dimaksud dengan basisdata secara umum dan khusus
2.      Definisi setiap istilah dalam DGMS
3.      Menjelaskan masalah mengenai kunci atau Key
4.      Contoh table yang di lengkapi dengan fild-fild nya atau atribut-atributnya

3.      Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
  1. Mengenal lebih jauh tentang DGMS
  2. Mengerti Istilah-istilah dalam DGMS
  3. Mengerti Key atau kunci-kunci dalam DGMS
  4. Bisa membuat sebuah table DGMS dalam kehidupan sehari-hari

BAB II
PEMBAHASAN

1.      Definisi dan Pengertian Database Management System (DBMS)

Pengertian Database Management System (DBMS)
Data merupakan fakta mengenai suatu objek seperti manusia, benda, peristiwa, konsep, keadaan dan sebagainya yang dapat dicatat dan mempunyai arti secara implisit. Data dapat dinyatakan dalam bentuk angka, karakter atau simbol, sehingga bila data dikumpulkan dan saling berhubungan maka dikenal dengan istilah basis data (database).
Sedangkan menurut George Tsu-der Chou basis data merupakan kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam aturan yang khusus. Informasi ini adalah data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seseorang.
Menurut Encyclopedia of Computer Science and Engineer, para ilmuwan di bidang informasi menerima definisi standar informasi yaitu data yang digunakan dalam pengambilan keputusan.
Definisi lain dari basis data menurut Fabbri dan Schwab adalah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan duplikasi data.
Menurut Ramez Elmasri mendefinisikan basis data lebih dibatasi pada arti implisit yang khusus, yaitu:
·         Basis data merupakan penyajian suatu aspek dari dunia nyata (real world).
·         Basis data merupakan kumpulan data dari berbagai sumber yang secara logika mempunyai arti implisit.
·         Basis data perlu dirancang, dibangun dan data dikumpulkan untuk suatu tujuan. Basis data dapat digunakan oleh beberapa user dan beberapa aplikasi yang sesuai dengan kepentingan user.
Dari beberapa definisi-definisi tersebut, dapat di simpulkan bahwa Basis data merupakan kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diaorganisasikan sesuai struktur tertentu dan disimpan dengan baik.  Untuk mendapatkan informasi yang berguna dari kumpulan data maka diperlukan suatu perangkat lunak (software) untuk memanipulasi data sehingga mendapatkan informasi yang berguna. Database Manajement System (DBMS) merupakan software yang digunakan untuk membangun sebuah sistem basis data yang berbasis komputerisasi. DBMS membantu dalam pemeliharaan dan pengolahan kumpulan data dalam jumlah besar. Sehingga dengan menggunakan DBMS tidak menimbulkan kekacauan dan dapat digunakan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan.

2.      Definisi Istilah-Istilah dalam DBMS

a.      Entity
Adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam. Contoh: siswa, buku, pembayaran (Pada Bidang Kemahasiswaan). Pasien, dokter, obat, kamar (Pada Bidang Kedokteran).
b.      Attribute
Setiap entity mempunyai attribut atau sebutan untuk mewakili suatu entity. Attribute siswa misalnya nobp, nama, alamat, tgl lahir.
c.       Field
mereprepentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item data, misalnya nama, alamat, dsb
d.      Karakter
Merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter-karakter khusus yang membentuk suatu item data.
e.      Record
Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu tertentu
f.        File
File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata kuliah berisi data tentang semua mata kuliah yang ada.
g.      Data Value (Nilai atau isi Data)
Adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada tiap data elemen atau atribut. Contoh data value untuk atribut nama mahasiswa adalah Sutrisno, Budiman
h.      Tuple
Adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan, menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang misalnya : nobp, nama, alamat, tgllahir(2410012, Sutrisno, Olo Ladang, 26 Maret 1983)


3.      Macam-macam kunci pada Basis Data

Seperti yang kita ketahui Basis Data merupakan kumpulan data yang saling berhubungan (Relational). Pada prinsipnya basis data menggunakan model Relational karena pada model ini menggunakan kunci untuk mengindentifikasi atau membedakan antara satu tabel dengan tabel lainya.
Kunci-kunci yang digunakan memiliki fungsi masing-masing dalam mengindentifikasi yang berbeda-beda. Berikut ini macam-macam kunci pada sebuah model Relational :
a.       Super Key
Super key merupakan sebuah atribut data atau kumplan atribut yang secara unik dapat mengindentifikasi sebuah tupel.
contoh : misalnya database akademik maka super key yang digunakan adalah : npm,nama_mhs,tgllahir, alamat, dst
b.      Candidat Key
Candidat key merupakan super key yang minal dapat mengindentifikasi tupel secara unik.
contoh : npm dan nama_mhs
c.       Primary Key
Primary key merupakan candidat key yang terpilih yang secara unik yang dapat mengindentifikasi tupelo
contoh : npm
d.      Alternate key
Alternate key merupakan key yang tidak terpilih
contoh : nama_mhs
e.       Composite key
Composite key merupakan gabungan dua key atau lebih yang secara unik dapat menidentiifikasi sebuah tupel.
Contoh : npm, dan kode_matkul
f.       Foreign Key
Foreign Key merupakan atribut yang merupakan key pada relasi lain.
Contoh : npm, kode_matkul pada relasi ambil_matkul
4.      Contoh Tabel DBMS
Mahasiswa
NIM
Nama
Alamat
201122041
Nararya Wahyu Ardiansyah
Sragen
201122242
Indro Wibowo
Karanganyar
201122034
Bara Abimanyu
Surakarta
201122033
Eko Fitriyanto
Karanganyar
201122004
Qomarudin
Sragen

Mata Kuliah
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
J2214LA
Bahasa Inggris II
1
J2322PA
Animasi 2 D
3
J2216NT
Algoritma dan Pemogranan II
2
J2321NT
Basisdata dan Perancangan Sistem
2

Nilai
NIM
MID
Final
201122041
85
90
201122242
80
85
201122034
80
80
201122033
75
75
201122004
75
80

1 komentar: