Kamis, 19 April 2012

Lima Alasan Menjadi Vegetarian

Pilihan untuk menjadi seorang vegetarian memang berada di tangan masing-masing dan didasari atas berbagai macam alasan. Berikut adalah alasan yang seringkali melatarbelakangi keinginan sesorang untuk menjadi vegetarian. Yaitu:

1. Alasan lingkungan, yakni untuk konservasi energi, air, tanah dan tanaman. Sehingga ekologi tetap terjaga. Belum lagi alasan perlindungan hewan. Alasan yang pertama ini merupakan alasan kebanyakan para remaja beralih menjadi seorang vegetarian, terutama di negara-negara maju.

2. Alasan finansial. Harga bahan pangan nabati relatif jauh lebih murah dan terjangkau dibandingkan daging. Dengan demikian, kita dapat menghemat pengeluaran lebih banyak lagi. Selain itu, hidup sehat dengan vegetarian juga berarti kita tidak perlu keluar uang lebih banyak untuk biaya ke dokter. Di Inggris, premi asuransi untuk orang yang menjadi vegetarian lebih kecil dibanding orang non-vegetarian. Ini dikarenakan para vegetarian memiliki resiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah daripada para pemakan daging.

3. Alasan spiritual. Ada beberapa agama di dunia yang menganjurkan umatnya untuk menjadi seorang vegetarian. Karena di dalam ajaran agama tersebut, seseorang tidak diperbolehkan untuk membunuh makhluk yang bernyawa untuk alasan apapun, apalagi untuk kepentingan orang yang bersangkutan.

4. Alasan kesehatan. Alasan ini merupakan alasan utama kebanyakan orang memilih vegetarian sebagai gaya hidup. Dengan menjadi seorang vegetarian, berarti anda sudah mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit ringan seperti sembelit dan wasir, hingga penyakit berat seperti kanker dan stroke. Belum lagi terhindar dari penyakit obesitas yang menjadi momok bagi para kaum hawa, karena vegetarian secara tidak langsung sudah membuat kita berdiet dengan cara alami.

5. Alasan fisiologis tubuh manusia. Keyakinan bahwa manusia tidak diciptakan untuk mengonsumsi daging merupakan alasan kuat menjadi seorang vegetarian. Hal ini dapat dibuktikan dengan bentuk anatomi tubuh manusia dan fungsinya, dibandingkan dengan anatomi dan fungsi tubuh hewan herbivora dan karnivora.

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa antara manusia dan hewan pemakan rumput maupun buah-buahan memiliki banyak kesamaan. Terutama berkaitan dengan anatomi organ pencernaan. Dengan demikian, tidak ada alasan lain yang lebih logis selain alasan fisiologis untuk beralih menjadi seorang vegetarian.

0 komentar:

Posting Komentar